h1

spongepants squarebob

Februari 17, 2006

hohoho..
Pengamen di simpang ngebawain lagu baru : ending song spongebob squarepant. Ngga lupa pake tambahan efek suara : “mr.kraab”..Pengantar sebelum nyanyi, dia bilang..”aduh, maaf,anak muda semua di sini (diangkot – red.). Lagunya rada keras…”
Keponakan saya – yang masih 2 taun – seneng banget sama film ini. Kalo diputer di tv, langsung tereak : ” obob epen..obob epen..”
Hebat juga si hewan porifera ini merebut hati keponakanku,..dan hati saya juga. Hhhh..damn!!

——————-

Tapi yang lebih hebat, pengamen simpang bisa sebegitu kreatif memikat hati fans-fans-nya di dalam angkot. Saya sempet terkagum-kagum waktu anak-anak pengamen itu mainin lagu nostalgia kesukaan ibu saya pake biola. “Makin bagus aja…” dalam hati.
Satu pengamen lagi yang saya hargai, di stasiun rancaekek, tiap malem. Personelnya 4 orang : satu perkusi, 2 gitar, 1 biola. Mereka biasa ngamen dari gerbong ke gerbong. Tapi kalo udah cape, ba’da maghrib, mereka nongkrong sambil nyanyi lagu-lagu oldies..biasanya lagu-lagunya KLa. Lumayan, saya pikir, sambil nunggu kereta dateng. Dan ternyata, mereka ngga nagihin duit tuh. cuman menghibur mereka sendiri – sekaligus orang lain yang ikut ngedengerin..

Beda lagi kalo pernah naik bis ekonomi cirebon – bandung. Preman bersenjatakan gitar – dan sedikit tato – , ngga berhenti minta uang dari terminal cirebon sampai perbatasan majalengka – sumedang.
Sesi pertama : main gitar sambil tangan kiri garuk-garuk (padahal tangan kiri kan memang grip gitu looh..). Cukup Rp.100……
Sesi kedua : sesudah pengamen tadi turun, pengamen berikutnya teriak-teriak, ..nada-nada konstan : Do tinggi semua…yah, Rp.100 lagi…….
Sesi ketiga : beberapa pengamen baju lekbong (kelek bolong – red), pamer tato, tanpa nada. “Wah, ngga ada lagi a..” “Udah, ngga ada 100, 1000an aja..”
Sesi keempat : ..dan saya masih ngga tau dia nyanyi apa…Udah ah, ngga mau ngasih…dan : wadduh, maksanya kelewatan. Untung ngga maen fisik. Tapi tekanan mental juga. Kaya’nya panitia OS musti belajar sama mereka deh..soalnya kocek keluar juga : Rp.500….

Udah? hohoho..waktu saya liat ke belakang, pengamen2 lagi pada ngumpul, nunggu giliran berikutnya…Ngantri mas?!?!

Sering, kita berusaha untuk mencari sepiring nasi (jangan sesuap)…uang jadi nilai ukurnya, apapun bisa jadi sumber penghasilan.
Tapi adakalanya, kita bisa berbuat untuk sesuatu yang lebih besar dari sekadar kepingan plastik bundar bergambar “Kakatua raja”…
————–

Saya jadi inget keponakan saya…sambil teriak “obob epen..” ketawa lebar.
Mungkin itu juga jadi alasan bagi kita untuk memberi…hanya untuk menghibur, melihat tawa dan kebahagiaan di diri orang lain…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: