h1

menilai orang lain

Maret 31, 2006

Saya berpikir, kenapa kita suka menilai orang lain ? membuat stereotype, berprasangka, prejudice, berasumsi, mempersepsi perilaku orang lain..

Jalaludin Rakhmat bilang, kita ini makhluk yang butuh kepastian. Kepastian membuat kita tenang dalam menghadapi hidup. Kita butuh memperkirakan masa depan, dan gelisah terhadap ketidakpastian. Karenanya, manusia cenderung cepat mengambil kesimpulan, seberapapun sedikitnya informasi yang dimiliki.

Kita juga belajar dari pengalaman. Kita melakukan deduksi terhadap satu atau lebih peristiwa, melihat pola-pola kesamaan, dan dengannya memperkirakan apa yang akan terjadi kemudian.

Sayangnya, dunia manusia tidak bisa direduksi menjadi hubungan sebab-akibat. Yang ada adalah pola hubungan nonlinear, Capra bilang. Tiap hubungan menimbulkan satu bentuk baru yang muncul secara sontak…whatever.

Intinya, banyak sekali informasi yang harus kita cari, pola-pola hubungan yang terkesan acak yang perlu kita dalami lagi, sebelum kita berangkat pada kesimpulan – especially when it concerns our perception to others. Susah kan ?

Ada lagi cara yang lebih gampang. Let it be. Tidak perlu menilai, tidak perlu meramalkan, cukup percaya dan menerima..

Saya cukup percaya kalau semua orang adalah individu yang berbeda, unik, —and yet, sama. Saya tidak perlu menyimpulkan bahwa dia tidak bisa dipercaya hanya karena dia satu-dua kali mengingkari janji. Dan saya tidak bisa membencinya hanya karena dia telah dilabeli ’pembohong’, misalnya. Setiap manusia sama, belajar, dan melakukan kesalahan. Tapi, seperti kata Oprah Winfrey, kamu bukan ’kesalahan kamu’.

Buat saya, sedikit menenangkan saat dapat melihat orang lain tanpa pretensi apapun. Susah memang, tapi menenangkan..:)

3 komentar

  1. sepakat….


  2. kenapa orang suka menyimpilkan bahwa aku orang yang suka jadi biang masalah


  3. saya setuju
    aaaa



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: