h1

api

Desember 10, 2007

Semua mungkin sepakat kalau saya bilang api penting bagi hidup kita. Dulu, ia disetarakan dengan air, tanah, dan udara sebagai komponen penyusun kehidupan. Yang menjadi unik adalah, berbeda dengan air yang mutlak dibutuhkan oleh setiap organisme yang ada di muka bumi, hanya manusia yang sebegitunya bergantung pada api..atau lebih tepat lagi, hanya manusia yang membutuhkan api dalam hidupnya.

Sekalipun saya sadar bahwa ia penting, saya tetap ngga habis pikir untuk menyadari bahwa api bisa membawa sejarah evolusi manusia berkembang pesat hingga sekarang ini, jauh melampaui ‘rekan-rekan’ earth-dwellers lainnya. Api membantu manusia mengusir predatornya, menghangatkan tubuh, mengolah makanan, menggerakkan kendaraan…tapi juga menajamkan pisau dan pedang, memicu ledakan mesiu yg membakar sekian banyak orang dan pemukiman, atau ‘sekedar’ melepaskan karbon ke atmosfer dan menambah efek pemanasan global ..

tak heran dewa-dewa marah pada Prometheus yang memberikan api pada manusia. tak heran pula King Louie memaksa Mowgli untuk membagi rahasia cara memperoleh api. tak heran pula gimana gelisahnya orang-orang yang ga bisa ngerokok gara-gara ngga bisa nemuin korek api ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: