h1

peng-anggur-an

Februari 8, 2008

saya ga tau apa ini bisa –sedikitnya — menghibur temen-temen saya yg punya status ini : pengangguran..tapi tau ga’ seberapa penting pengangguran itu buat ekonomi makro ?

You know what, perekonomian butuh pengangguran. Kenapa ? karena tanpa pengangguran, akan terjadi stagnasi ekonomi. Harus ada pengangguran dalam jumlah tertentu yang memungkinkan terjadinya keluar masuk tenaga kerja antara perusahaan-perusahaan. Perusahaan yang berkembang butuh tenaga kerja baru, dan perusahaan yang stagnan harus melepas tenaga kerjanya demi efisiensi.

Sekarang bayangin kalau ‘para penganggur’ sangat sedikit. Kalau kita melihat tenaga kerja sebagai salah satu faktor produksi (sumberdaya), maka hukum supply-demand main disini. ‘Harga’ tenaga kerja akan menjadi terlalu mahal (karena permintaan atas tenaga kerja melebihi penawarannya), dan pilihan bagi perusahaan adalah : satu, stagnan (i.e. tidak berkembang) dari kondisinya saat ini, atau dua, merekrut tenaga kerja tersebut dengan harga yang tinggi. Oke, poin kedua kita pending dulu..yang pasti, akan ada mekanisme dimana perusahaan yg stagnan tadi harus melepas sebagian tenaga kerjanya demi efisiensi, dan ini menyebabkan angka pengangguran kembali pada kondisi ekulibrium — angka pengangguran yang diharapkan..hehe, buat catatan : jadi, PHK atau ‘kutu-kutu loncat’ itu sah-sah aja dari sudut pandang ekonomi makro..untuk manajemen perusahaan, itu lain soal.

Oke, inget poin 2 tadi ? nah, kita coba masuk ke satu isu yg ga kalah penting…kalo perusahaan tetep harus merekrut tenaga kerja yg bayarannya mahal itu, ga ada lagi mekanisme yg bisa dilakukan perusahaan (asumsi : teknologi efisiensi ga berkembang dalam waktu secepat itu..) selain menaikkan harga produk yg dihasilkan. di sisi lain, peningkatan pendapatan (karena banyak orang yg dapet kerja) juga meningkatkan jumlah uang beredar di masyarakat..Terus konsekuensinya apa ?

yup, rendahnya pengangguran menyebabkan terjadinya inflasi !!! ini adalah hukum yang dirumuskan John Maynard Keynes (si ahli ekonomi itu loh..) tentang hubungan inflasi dengan pengangguran, dan ini berlaku di banyak negara2 maju..kebalikannya, banyaknya penggangguran menurunkan angka inflasi duoonk..hehe

sorry sedikit loncat..masalahnya kasus di Indonesia agak unik euy..di negara kita tercinta ini, inflasi terjadi beriringan dgn meningkatnya angka pengangguran..ko bisa ? Gini..Mankiw di bukunya “Macroeconomy” cerita kalo inflasi bisa disebabkan oleh dua hal…inflasi yang disebabkan oleh permintaan, demand-pull inflation (cerita ttg penangguran di atas), sama satu jenis inflasi lagi…cost-push inflation. Inflasi yang didorong oleh kenaikan biaya produksi. Intinya sih mirip-mirip, cuman masalahnya, disini inflasi bukan disebabkan oleh tingginya permintaan akan uang dan kenaikan biaya produksi di sektor tenaga kerja, tapi kenaikan biaya di sektor yg lain (e.g. bahan baku)..di Indonesia contohnya, itu gara-gara kenaikan harga BBM, yang mana dipengaruhi oleh gejolak ekonomi dunia jg…Jadi, buat para pengangguran, jangan berkecil hati gara-gara ga bisa nurunin tingkat inflasi di indonesia, hoho…..soalnya, masih ada 1 hal tentang ke-pengangguran-an (halah..) yg mungkin bisa ngehibur temen2….

tau ga, kalo berdasarkan definisi unemployment dari ILO, pengangguran didefinisikan sebagai keadaan dimana orang-orang di dalam batas usia produktif (rentang usianya beda-beda di tiap negara) tidak bekerja, siap untuk bekerja, atau sedang mencari kerja.. bekerja juga punya definisi sendiri, tapi intinya memiliki penghasilan/dibayar sekian US$ sehari (angka pastinya saya lupa, coba cek di sini), whether it is paid-employment (kerja ke orang/perusahaan), atau self-employment (wirausaha). Jadi apa ? Jadi, semua yang ada di rentang umur tertentu itu (kalo ga salah penduduk usia kerja itu >15 th) dan ngga’ “bekerja” dianggap sebagai pengangguran, termasuk mahasiswa dan ibu rumah tangga. Huehehe…puas ? Jadi temen2 ga sendirian kan ?

Tapi susah deh ngehadapin norma sosial yang ada..kita dianggap ngga’ berhasil kalo jadi pengangguran (i.e., ga kerja di perusahaan/instansi tertentu)..padahal, menurut saya, pengangguran atau ngga bukan masalah. Yang menjadi masalah adalah kita produktif atau ngga..itu kuncinya. You know, meski menganggur dan tidak produktif sering diartiin sama, tapi itu dua hal dalam dimensi yang berbeda. Banyak orang yg berstatus pengangguran tapi produktif, ga peduli apakah produktivitasnya ngga cukup ngehasilin duit sampai bisa dikatakan “bekerja”..dan kamu tau apa yang lebih miris, ngga sedikit juga orang berstatus pekerja tapi justru sangat-sangat tidak produktif (kondisi orang-orang inilah yang oleh para ekonom dinamakan penggangguran tersembunyi, hidden unemployment atau underemployment).

Jadi itu, ga usah berkecil hati jadi pengangguran, tapi jangan pernah berhenti untuk selalu produktif. Karena bekerja, masih menurut saya, bukan masalah mencari uang atau status, tapi bisa berkarya dan berperan untuk diri ini dan masyarakat…and that my friends, is what life is all about !

2 komentar

  1. Woowww, jadi baik juga ya jadi pengangguran…

    Masalah yang paling besar justru, orang-orang yang gak nganggur alias punya kerjaan, banyak yang gak produktif.., nah lo….

    PNS “setelan” lama misalnya🙂

    BTW, mau izin off dulu dari crafttec kang… panjang sih ceritanya… Tapi selama ada waktu dan persoalan saya yg mandek dah selesai, saya siap balik lagi sepenuh hati saya..hehe.

    Thanx for everything u give and taught to me all this time…thanx berat bos🙂

    Cerita preface nya liat di postingan blog terbaruku aja ya kang, hehe :p


  2. Wah, itu gelar terbaru yang biasa seorang sarjana sandang setelah selesai kuliah. Santai saja,nikmati selagi bisa he..he..
    Nanti juga pensiun dari pengangguran, jadi Person Worker deh…Good Luck aja.
    btw saya ga setuju ama ridwan, kalo yang punya masalah yang sudah kerja, SALAH…saya kesindir euy, he..he..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: