h1

selamat hari kamis !

Februari 17, 2008

kamu musti bilang apa sih, kalo ada yang bilang ke kamu, ” selamat hari natal !”, atau “selamat idul fitri”, atau “selamat hari valentine”, atau “selamat hari halloween”..?

kalau saya, saya jawab : “selamat ulang tahun juga”.

———

Saya ngga merayakan valentine, tapi saya mengapresiasi orang yang merayakannya. Saya juga mengapresiasi hari AIDS sedunia, atau hari buruh, atau juga hari influensa, kalau emang ada.

Mircea Eliade, yang mana saya juga ngga tau siapa dia, pernah bilang di bukunya yang berjudul “Profan dan Sakral”, kalau di tengah kehomogenan hidup,  manusia butuh waktu – atau tempat – sakral. Dia butuh satu waktu dalam hidupnya untuk melepaskan diri dari rutinitas.  Dia butuh, kalau kita bilang sekarang, waktu untuk berkontemplasi.

Kenapa saling memaafkan disimbolisasi dengan idul fitri yang dilakukan setahun sekali ? kenapa menyatakan cinta jadi begitu besar artinya di hari valentine ? kenapa  juga umat Hindu ngga merayakan nyepi setiap hari ? (kalo itu saya bisa tebak2 kenapa…)

———

Terlepas dari apa latarbelakang dari dibuatnya hari itu, kita butuh satu waktu untuk mengingatkan kita, sebut saja, untuk mengungkapkan cinta, atau bersyukur, atau memaafkan, atau berkontemplasi, atau berempati pada buruh sedunia. Pernah denger “Law of diminishing marginal return”? Bayangin kalau kamu setiap hari  mensakralkan hari untuk saling memaafkan  ! Yup, makin lama hari saling memaafkan akan menjadi tidak ada artinya, dan demikian juga saling memaafkan itu sendiri..sama kaya makin lama kamu akan makin bosan dengan artis tercantik yang kamu sukai kalau setiap hari kamu harus ngeliatin artis itu terus…terus…dan terus.

——-

saya bisa menetapkan 365 hari dengan peringatan yang berbeda2, satu hari tertentu saja setiap tahunnya : hari mencukur jenggot, hari vespa, hari penyakit mata ikan, hari sapi, ….. hari apapun untuk mengingatkan kamu ttg pentingnya sesuatu itu bagi hidup kamu, dan itu adalah pilihan. Tentunya, kalau itu jadi hari kolektif (baca : diperingati bersama), hasilnya jadi lebih asik ya..lebih, kena ! hehe..

tapi, semua orang  kan tau kalau kita ngga make vespa tiap hari itu aja, atau ngga sakit flu hari itu aja, atau ngga saling memaafkan dan menyatakan cinta hari itu aja kan ? iya lah, siapa juga yang ngga tau. hehehe.

——–

Winnie the Pooh pernah berjalan2 dengan Piglet, dan bingung harus kemana..lalu Pooh bilang, gimana kalau kita ke rumah Rabbit aja. Tapi Piglet, si ragu-ragu, bingung, dalam rangka apa kita ke rumah Rabbit ?  Pooh bilang, kita merayakan hari Kamis..bilang aja ke Rabbit, selamat hari Kamis ! kita bisa melakukan apapun di hari Kamis, ….yup, dan sekalipun Rabbit ngga setuju dengan “hari Kamis”, mereka tetap menikmati hari  yang menyenangkan bersama…Jadi, selamat hari Kamis !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: