h1

bunga (?) bangkai

November 19, 2008

Saya nemu makhluk ini di Situ Lembang, Bandung..di tengah-tengah hutan pinus yang udah diberantas vegetasi bawahnya karena mau dipake buat nanem kopi.

img_2823
(….Makasih ke AW buat fotonya…)

Ada yang tau ini apa ?

Saya juga belum tau. Mungkin perlu dibawa ke Herbarium untuk diidentifikasi. Tapi, dari bentuknya sih keliatan seperti bunga (?)..

Tau cerita tentang bunga bangkai ? Bunga bangkai (Rafflessia spp.) adalah bunga dari parasit yang hidup di akar-batang jenis liana spesifik yang namanya Tetrastigma. Selama masa tumbuhnya, parasit ini ngga menampilkan wujudnya. Tapi begitu masuk ke fase reproduktif, baru dia munculin bunganya yang seperti bangkai dan baunya busuk.

Kenapa seperti bangkai ? karena dia butuh serangga tertentu untuk membantu penyerbukan. Yang biasanya kita tau khan, serangga tertarik ke bunga-bunga yang cantik atau harum. Itu, karena serangga spesifik tersebut emang berko-evolusi dengan bunga seperti itu. Beberapa bunga anggrek sepintas keliatan seperti lebah..dia menarik lebah jantan untuk berkopulasi, thus membantu membawa serbuk sari dari satu bunga ke bunga lain. Bunga lain punya warna cerah sebagai tanda ke serangga bahwa ” saya punya nektar yang bisa kamu ambil, nih..” Berbagai bentuk bunga berkaitan juga dengan bagaimana cara ia melakukan penyerbukan — dalam kasus penyerbukan dengan serangga, bentuk bunga berkaitan dengan serangga apa yang ingin ia tarik.

Kembali ke bunga bangkai..karena serangga yang dia tarik untuk menyerbuki adalah lalat yang “suka” dengan bangkai, maka seperti itulah bentuk bunganya.

Saya masih belum yakin kalo foto di atas itu bunga. Mungkin juga jamur. Tapi, bentuk seperti bangkai sepertinya ngga berguna untuk jamur. Borok hitam di sekitar lubang, menyerupai bangkai khan. Saya juga sempet lihat beberapa serangga masuk ke dalam lubangnya..

Masih saudaranya bunga bangkai Rafflessia ? biar para ahli yang ngejelasin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: